Gak ada kerjaan lain selain membaca Gak ada kerjaan lain selain membaca Gak ada kerjaan lain selain membaca Gak ada kerjaan lain selain membaca

Rabu, 23 November 2011

ARM Mali T604: GPU Mobile Pertama yang Mendukung OpenCL

Teknologi Informasi

Halo pembaca! Lama tidak bersua :D
Setelah sekian lama menunda-nuda menulis di blog ini, saya putuskan untuk kembali ke sini. Mengapa? Karena ternyata blog saya yang baru kurang pengunjung :D Selidik punya selidik, ternyata mungkin karena fasilitas SEO-nya belum di-tune dengan baik. Jadi, sambil belajar bagaimana tuning SEO, saya putuskan untuk sambil menulis di sini saja :)
Mungkin sudah agak basi, tapi buat para penggemar GPGPU ada berita baik yakni satu GPU yang mendukung OpenCL telah hadir. GPU ini dirilis oleh ARM dan dinamakan Mali T604. Lho, apa keistimawaannya? Ternyata GPU ini mendukung OpenCL! Untuk mempersingkat waktu searching silakan lihat infonya di sini ;D
Mengapa dukungan OpenCL begitu istimewa? Karena dengan menggunakan OpenCL, pembuatan aplikasi GPGPU pada smartphone menjadi lebih mudah. Tentu saja kita bisa membangun aplikasi GPGPU di smartphone menggunakan OpenGL ES, namun langkah pembuatannya lebih rumit! Berarti kemungkinan aplikasi yang dibuat untuk GPU menjadi jauh lebih luas? Tentu saja, asalkan batere telepon anda cukup karena GPU merupakan komponen yang boros power.
ARM Mali T604, courtersy of ARM
ARM Mali T604, courtersy of ARM
Seperti yang bisa pembaca lihat di diagram, Mali dapat dikonfigurasi dari satu sampai empat shader core, yang saya prediksikan akan menjadi unit komputasi dalam OpenCL. Produsen smartphone pertama yang kemungkinan besar akan menggunakan ARM Mali ini diperkirakan adalah Samsung. Namun tidak menutup kemungkinan Apple, karena Apple merupakan salah satu produsen yang getol mempromosikan OpenCL.
Nah, karena hardware-nya sudah dirilis, mudah-mudahan smartphone dan OS yang mendukung OpenCL/CUDA segera dirilis juga, karena potensi marketnya sangat besar! Pertanyaannya siapakah yang akan mengeluarkan driver untuk OpenCL terlebih dahulu? Android ataukah iOS?
;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar